salji hitam

Monday 24 September 2012

. Faktor-faktor yang berada dilingkungan mikro
Lingkungan ini merupakan lingkungan bisnis yang berada diluar intra perusahaan
a) Pemerintah
Pemerintah merupakan pengatur atau penggerak dalam kegiatan bisnis atau dalam perekonomian, pemerintah mempunyai kebijakan dan berhak mambuat undang-undang. Kebijakan-kebijakan tersebut dapat mempengaruhi kinerja ekonomi melalui mekanisme anggaran belanja negara. Dengan menurunkan tingkat pajak pemerintah perusahaan akan meningkatkan pendapatan dan dengan adanya pemerintah, masalah-masalah yang ada di dalam perekonomian seperti; inflasi, depriasi, pengangguran akan segera teratasi.
b) Perantara
Apabila produk telah bersedia maka produk tersebut harus disalurkan kepada konsumen lewat perantara pedagang (meddle men) kebanyakan produk konsumsi di distribusikan dengan cara (produsen – pedagang – pengecer – konsumen) dengan cara seperti ini maka pelaku bisnis bisa konsentrasi pada kegiatan produksinya, namun dengan adanya perantara pelaku bisnis akan bisa kehilangan kontrol penjualan dan kesulitan mengendahkan harga akhir dan tidak akan tahu apakah produknya dapat diterima konsumen atau tidak.
c) Pemegang Sahan
Pemegang saham adalah orang yang menanam modal pada perusahan yang berbentuk saham. Pemegang saham merupakan suatu bagian yang dalam mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik dimana para pemegang saham memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimikili.
d) Pesaing
Para pelaku bisnis harus mempertimbangkan sifat persaingan pasar, dimana perusahaan bersaing dengan strategi pemasaran menurut jenis dan sifat persaingan yang lebih spesifik. Pelaku bisnis juga harus memperhitungkan jumlah pesaing karena pesaing dapat menjadi ancaman terhadap produksi-produksinya, namun pesaing juga bisa manjadi motivasi pelaku bisnis untuk mencapai hasil yang lebih baik dan efesien.
e) Konsumen atau pelanggan
Konsumen merupakan inti dari aktivitas pemasaran. Setiap aktivitas tersebut diarahkan kepada konsumen, yaitu orang yang akan menjadi penentu akhir (apakah perusahaan itu berhasil atau gagal), dengan demikian pelaku bisnis harus dapat mempengaruhi kosnumen untuk membeli produk nya sehigga keuntungan akan segera dicapainya.
Pengertian pelanggan sebenarnya sama dengan konsumen namun bedanya adalah konsumen sebagai pembeli dan dikonsumsi sendiri sedangkan pelanggan adalah sebagai pembeli sekaligus sebagai penjual dan dikonsumsi sendiri.
f) Lembaga konsumen
Lembaga ini akan membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya jika ada masalah antara konsumen dengan produk perusahaan maka lembaga ini akan membantu konsumen untuk mengatasi masalah tersebut.
b. Faktor-Faktor Yang Berada Dalam Lingkungan Mikro
Lingkungan makro adalah kekuatan – kekuatan yang timbul dan berada di luar jangkauan serta biasanya terlepas dari operasional perusahaan lingkungan ini meliputi :
a) Faktor Demografi
Faktor ini terdiri sumbe tenaga kerja yang tersedia dalam masyarakat, angkatan kerja, tingkat kelahiran, tingkat kematian, penyebaran penduduk, umur, jenis kelamin, dan lain – lain. Faktor ini sangat mempengaruhi pada perusahaan diantaranya :
1. Perubahan jumlah penduduk akan mempengaruhi permintaan
2. Perubahan struktur usia penduduk akan mempengaruhi pemindahan jenis produk sesuai dengan pembaharuan umur.
3. Distribusi pendapatan
4. Tingkat pengangguran akan bertambah jika perusahaan tidak lagi memperluas lapangan kerja.
b) Faktor Ekonomi
Sistem perekonomian sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan yang sama sistem tersebut terdiri dari berbagai aspek ekonomi dan unit – unit ekonomi dalam menyambut yang meliputi jenis organisai ekonomi, sistem pemilikan perusahaan, sistem perpajakan dan perbankan, angkatan kerja, tingkat produktivitas, pola konsumen dan lain – lain.
c) Faktor Teknologi
Dalam kenyataan tingkat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang industri dan fasilitas lainnya dalam pabrik yang perkembangan sangat pesat ikut terpengaruh dalam perkembangan perusahaan. Kemajuan dibidang terknologi yang berubah – ubah dari waktu ke waktu itu sangat cepat terpengaruh dunia usaha perusahaan yang statis dan perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan cendrung tertinggal dibadingkan dengan perusahaan perusahaan yang melakukan adaptasi teknologi untuk membuat operasional usaha lebih efektif dan efisien.
d) Faktor Politik
Dalam hal ini menyangkut tingkat dan pemusatan kekuatan politik, sifat organisai politik sistem partai dan kesadaran masyarakat sangat berpengaruh terhadap kehidupan operasi perusahaan karena perusahaan merupakan lembaga sosial yang selalu berhubungan dengan masyarakat.
e) Faktor Sosial
Kebiasaan dan nilai – nilai sosial lingkungan masyarat sangat berpengaruh terhadap perusahaan yang mana dilingkugan sosial ini meliputi berbagai aspek kehidupan masyarakat dan peraturan pemerintah contohnya sikap masyarakat terhadap polusi / pencemaran akibat limbah industri.

No comments:

Post a Comment